IP
Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.
Web Hosting

Virus Science atau Ilmu Tentang Virus


Sesuai dengan judul artikel ini "Virus Science" atau dalam bahasa indonesia berarti "Ilmu Virus". Artikel ini saya dapat dari Anti virus Avira yang kemudian saya terjemahkan kedalam bahasa indonesia dengan sedikit melakukan perubahan agar kalimat bisa dengan mudah kita pahami.

Oke, inilah isi dari Virus Science yang telah saya terjemahkan :  

Adware
Adware adalah software yang menyajikan iklan banner atau di jendela pop-up melalui sebuah bar yang muncul di layar komputer. Spot iklan mereka biasanya tidak dapat dihapus dan akibatnya selalu terlihat pada layar komputer. Sambungan data memungkinkan banyak kesimpulan tentang perilaku penggunaan dan bermasalah dalam hal keamanan data.  

Backdoors
Backdoor dapat memperoleh akses ke komputer dengan berkeliling mekanisme akses keamanan komputer. Sebuah program yang sedang dijalankan di latar belakang umumnya memungkinkan penyerang hak hampir tak terbatas. data pribadi Pengguna dapat memata-matai dengan bantuan backdoor, tapi yang terutama digunakan untuk menginstal virus komputer atau worm lebih lanjut pada sistem yang relevan.  

Boot Virus
Master boot atau sektor boot dari hard drive terutama terinfeksi oleh virus boot sector. Mereka menimpa informasi penting yang diperlukan untuk pelaksanaan sistem. Salah satu akibatnya yaitu: sistem komputer tidak dapat diambil lagi.

Bot-Net
Bot-Net adalah kumpulan bots software, yang berjalan mandiri. Sebuah Bot-Net dapat terdiri dari atau dengan menjalankan sebuah cracked program (biasanya disebut sebagai cacing, Trojans) di bawah perintah umum dan infrastruktur pengendalian. Boot-Nets server mempunyai berbagai tujuan, termasuk serangan Denial-of-service, dll, sebagian tanpa sepengetahuan pengguna PC yang terkena. Potensi utama Bot-Nets adalah bahwa jaringan dapat mencapai dimensi di ribuan komputer dan ledakan jumlah bandwidth yang mengakses Internet yang paling konvensional.  

Dialer 
Dialer adalah programm komputer yang mengadakan sambungan ke Internet atau ke jaringan komputer melalui saluran telepon atau jaringan ISDN digital. Penipu menggunakan dialer untuk mengisi pengguna tingkat tinggi ketika panggilan ke Internet tanpa sepengetahuan mereka.  

Distributed Denial of Service (DDoS)
Drone botnet biasanya dapat menyerang server juga yaitu dengan mengirimkan banyak permintaan ke server dari klien terinfeksi secara simultan, mereka memperlambat server dan server bisa menjadi down. Server tidak bisa lagi menjawab permintaan pengguna biasa atau client.

EICAR test file 
EICAR test file adalah pola tes yang dikembangkan di Institut Eropa untuk Penelitian Antivirus Komputer dengan tujuan untuk menguji fungsi dari program anti-virus. Ini adalah file teks yang terdiri dari 68 karakter dan ekstensi file adalah "COM". Semua scanner virus harus mengakui sebagai virus.

Exploit
Sebuah ekploitasi (kerentanan) adalah sebuah program komputer atau naskah yang mengambil keuntungan dari bug (celah), glitch atau kerentanan yang mengarah ke eskalasi hak istimewa atau penolakan layanan pada sistem komputer. Sebuah bentuk memanfaatkan untuk contoh adalah serangan dari Internet dengan bantuan paket data dimanipulasi. Program bisa disusupi untuk mendapatkan akses yang lebih tinggi.

Grayware 
Grayware beroperasi dengan cara yang mirip dengan malware, tetapi tidak menyebar ke pengguna secara langsung merugikan. Grayware ini tidak mempengaruhi fungsi pada sistem seperti pada malware. Sebagian besar informasi mengenai pola penggunaan dikumpulkan dalam rangka baik menjual data atau untuk menempatkan iklan secara sistematis.  

Hoaxes
Hoaxes atau pembohongan. Pengguna telah memperoleh virus alert dari internet selama beberapa tahun dan peringatan terhadap virus di jaringan lain yang seharusnya menyebar melalui email. Tanda ini tersebar per email dengan permintaan bahwa mereka harus dikirim ke nomor yang tertinggi kolega dan kepada pengguna lain, untuk memperingatkan semua orang terhadap bahaya "".  

Honeypot
Sebuah honeypot adalah layanan (program atau server), yang dipasang di jaringan. Honeypot ini memiliki fungsi untuk memonitor jaringan dan untuk serangan protokol. Layanan ini tidak diketahui oleh pengguna legitime - karena alasan inilah dia tidak pernah ditangani. Jika penyerang memeriksa jaringan untuk titik lemah dan menggunakan jasa yang ditawarkan oleh honeypot, adalah protocolled dan peringatan set off.

Keystroke logging
Keystroke logging atau lebih dikenal dengan nama Keylogger adalah alat diagnostik yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak yang menangkap ketikan pengguna. Hal ini dapat berguna untuk menentukan sumber-sumber kesalahan pada sistem komputer dan kadang-kadang digunakan untuk mengukur produktivitas karyawan pada tugas-tugas administrasi tertentu. Seperti ini, data rahasia dan pribadi, seperti password atau PIN, dapat memata-matai dan dikirim ke komputer lain melalui Internet.

Macro Virus
Macro virus adalah program kecil yang ditulis dalam bahasa makro dari sebuah aplikasi (misalnya WordBasic under WinWord 6.0) dan yang biasanya hanya dapat menyebar dalam dokumen-dokumen aplikasi ini. Karena itu, mereka juga disebut virus dokumen. Agar aktif, mereka membutuhkan aplikasi yang terkait bahwa diaktifkan dan bahwa salah satu macro yang terinfeksi telah dieksekusi. Tidak seperti virus pada umumnya, virus makro yang karenanya tidak menyerang file executable tetapi mereka melakukan serangan dokumen dari aplikasi-host yang sesuai.  

Polymorph Virus
Virus polymorph adalah virus yang sangat pintar menyamar dengan cara mengubah kode pemrograman mereka sendiri, dan karena itulah virus jenis ini sangat sulit untuk dideteksi.

Program Virus
Virus komputer adalah sebuah program yang mampu untuk melampirkan dirinya ke program lain setelah dieksekusi dan menyebabkan infeksi. Virus memperbanyak diri seperti bom waktu dan Trojan. Berbeda dengan worm, virus selalu membutuhkan sebuah program sebagai tuan rumah, di mana tersimpan kode virus mematikan itu. Pelaksanaan program host itu sendiri tidak berubah sebagai sebuah aturan.  

Scareware
Scareware merujuk pada perangkat lunak yang telah dirancang dengan sengaja menyebabkan kecemasan atau panik. Korban bisa ditipu dan merasa terancam dan biasanya menerima tawaran untuk membayar dan ancaman inexistent dihapus. Dalam beberapa kasus korban digoda untuk menyebabkan serangan itu sendiri dengan membuatnya berpikir intervensi ini berhasil akan menghapus ancaman tersebut.  

Script Virus
Virus ini sangat mudah untuk menginfeksi program dan mereka dapat menyebar - bila teknologi yang dibutuhkan adalah di tangan - dalam beberapa jam melalui email putaran dunia. Script virus dan worm menggunakan bahasa script seperti Javascript, VBScript dll untuk menyusup ke dalam script baru lainnya atau untuk menyebarkan oleh aktivasi fungsi sistem operasi. Hal ini sering terjadi melalui email atau melalui pertukaran file (dokumen).

Worm
Worm dalah sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya secara sendiri dalam sistem komputer. Sebuah worm dapat menggandakan dirinya dengan memanfaatkan jaringan (LAN/WAN/Internet) tanpa perlu campur tangan dari user itu sendiri.worm memanfaatkan celah keamanaan yang memang terbuka atau lebih dikenal dengan sebutan vulnerability. Beberapa worm juga menghabiskan bandwidth yang tersedia. Worm merupakan evolusi dari virus komputer.  

Security Privacy Risk (SPR)
Istilah "SPR" ("Privasi Keamanan yang Berisiko") mengacu pada sebuah program yang dapat merusak keamanan sistem anda, memicu kegiatan program yang tidak Anda inginkan atau merugikan lingkungan pribadi Anda.  

Spyware
Spyware disebut mata-mata program yang mencegat atau mengambil sebagian kontrol operasi komputer tanpa persetujuan pengguna. Spyware dirancang untuk expolit komputer yang terinfeksi untuk keuntungan komersial. Tipikal taktik memajukan tujuan ini meliputi penyampaian iklan pop-up yang tidak diinginkan. AntiVir mampu mendeteksi jenis perangkat lunak dengan kategori "ADSPY" atau "" adware-spyware.  

Horse Trojan
Trojan cukup umum saat ini. Kita berbicara tentang program-program yang berpura-pura memiliki fungsi tertentu, tapi itu menampilkan gambar yang sebenarnya mereka setelah eksekusi dan melaksanakan fungsi yang berbeda, dalam banyak kasus, adalah merusak. Trojan horse tidak dapat memperbanyak diri, yang differenciates mereka dari virus dan worm. Sebagian besar dari mereka memiliki nama yang menarik (contohnya : SEX.EXE atau STARTME.EXE) dengan maksud untuk mendorong pengguna untuk menjalankan Trojan. Segera setelah eksekusi mereka menjadi aktif dan berjalan, misalnya, menggunakan format hard drive.  

Zombie
Sebuah Zombie-PC adalah komputer yang terinfeksi program malware dan memungkinkan hacker untuk mengakses komputer melalui remote control penyalah gunaan untuk tujuan kriminal. PC yang terinfeksi bisa dimanfaatkan untuk misalnya, untuk memulai Denial-of-Service-(DoS) serangan di perintah atau mengirim email spam dan phishing.

Demikianlah sedikit ilmu yang saya dapat dari Anti Virus Avira yang menurut saya sangat pantas saya share dengan kawan-kawan semua.

Untuk sekedar referensi agar kita terbebas dari yang namanya virus kita harus menggunakan Program Anti Virus untuk menjaga komputer kita dari serangan-serangan virus diatas. Disini saya sangat merekomendasikan beberapa program anti virus, yang bisa kawan-kawan baca di artikel saya sebelumnya Virus dan Anti Virus Gratis Recomended.

Semoga bermanfaat ^_^...



by :: Tips Komputer Internet


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Posting Komentar

 

Credit ::

Tips Komputer Internet

Copyright © 2010 is Designed by Blogger

--------------------------------------------------------

This blogs is best viewed with browser :

Mozilla Firefox , Google Chrome and Safari

Selamat Datang

Selamat datang di Tips Komputer Internet [TKI] - mari kita semua saling sharing tips trik komputer dan internet lewat dunia maya. Semoga blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Jika ada kesalahan kata, kalimat, dll pada blog saya ini, itu semua adalah resmi tanggung jawab saya pribadi. Untuk itu mohon teguran dari rekan-rekan semua.

Sepintas Tentang Admin

Saya bernama Broto Natasa, merupakan Alumnus Teknik Informatika [S1] di Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Social Stuff

Info TKI

Daftar Isi

Daftar Isi

Cuap-Cuap

CBOX

TKI ON FB

Tips dan Trik Komputer Internet on Facebook
FB TKI

Donate Via Paypal

Dukung blog TKI ini dengan cara mendonasi via Paypal. Untuk donasi-nya saya ucapkan terima kasih.


Silakan klik tombol "Donate" dibawah ini :


Donate